Life can't To Pay with Money, Life is treassure !


Ada satu hal yang bkin aku ngerasa bisa menghargai sebuah hidup,

Yang hanya sekali di berikan,

Walaupun mungkin keadaanku saat ini berada jauh lebih baik dari banyak anak atau banyak orang di rumah sakit yang mengidap berbagai penyakit menjemukan dan menyiksa,

Tapi sejujurnya, aku malu kalau aku bilang aku lebih baik dari mereka,

Aku rasa justru orang2 disanalah yang jauh lebih hebat daripada aku saat ini..

Orang2 yang sudah berada di ujung umurnya dalam usia sangat muda,

Masih berusaha untuk membuat hidupnya jauh lebih berarti,

Di usia mereka yang sudah tidak panjang lagi, mereka masih bsa menghargai hidupnya..

Mereka sekuat tenaga membuat hidupnya dihargai banyak orang dalam kekurangan yang mereka miliki,

Dan mereka tetap mensyukuri segala yang diberikan dalam umur mereka yang singkat,

Mensyukuri betapa indahnya bsa hidup walaupun tak alam


Sedangkan aku ??

Lihatlah . Betapa aku masih memiliki segalanya . Aku nggak cacat.. Keselarasan di seluruh bagian tubuhku masih berjalan normal,

Tapi kenapa aku nggak bsa menghargai hidupku jauh lebih berarti ??

Aku ngerasa 15 tahun aku hidup, aku belum ngelakuin apapun,

Padahal aku sendiri jga gg tau apakah masih ada hari esok untukku ??

Dan aku selalu merasa kalau apa yang kumiliki saat ini masih tidak memuaskan,

Aku selalu merasa ingin lebih dan lebih tanpa bersyukur dengan apa yang kumiliki saat ini ..

Karena itu, sejujurnya, aku bisa mengakui kalau aku nggak lebih baik dari anak2 yang hanya diberikan umur sedikit tapi masih bisa menghargai hidupnya …



Membaca artikel seorang Jae Hee, sedikit banyak membuatku teringat pada Aya . atau Kitou Aya ..

Kalau kalian pernah liat dorama Jepang yang bkin nangis semalaman berjudul "One Litre Of Tears" dan itu adalah dorama yang asli di ambil dari kisah nyata seorang anak dari Jepang dalam menghadapi penyakit bernama Spinocelleberal Degeneration yang saat itu masih belum bisa disembuhkan penyakitnya,

Penyakit yang perlahan akan merusak kekebalan tubuh dari dalam dan motorik orang yang diserang penyakit tersebut . Dari cacat kakinya, tangan, sampai gg bisa ngomong, dan menjalar terus sampai berujung pada kematian . Ya ! Selalu seperti itu . Orang yang menderita penyakit tersebut akan berakhir dalam tidur yang panjang .

Satu hal yang membuka mataku akan indahnya sebuah hidup adalah ketika aku melihat dorama One Litre Of Tears . Memang yang kulihat hanya sekedar dorama, tapi inti cerita yang ditujukan pada pemilik asli ceritanya itulah yang membuatku merasa Kitou Aya adalah gadis yang hebat.


Dia bisa bertahan lebih lama dari jangka waktu yang di perkirakan ..

Dokter mengatakan hidupnya hanya akan berakhir di usia 16 tahun. Tapi aya, dia bisa bertahan sampai umur 25 tahun .

Dan kalian tahu betapa tersiksanya dia ketika mulai masuk SMP?
Dia dijauhi teman2nya karena cacat, dan dia harus masuk sekolah khusus orang2 cacat padahal dia ingin bersekolah di sekolah biasa ..

Meskipun bgitu, dia nggak pernah menyesal dilahirkan untuk hidup… Tapi dia justru mensyukurinya..

Mungkin sangat menyiksa ketika dia sendiri tahu kalau penyakit yang di deritanya gg bisa disembuhkan, dan hidupnya hanya tinggal menghitung hari .

Tapi dia berusaha membuat hidupnya di hargai , dan orang2 menjadi mensyukuri hidup mereka yang lebih baik dari Aya sendiri .


Wlaupun tahu dirinya punya penyakit, Aya tetap belajar, tetap membantu orang tua, tetap berusaha untuk menjadi dirigen dalam paduan suara, dia juga tetap mempertahankan penyakitnya..

Dan disaat dia lemah sehingga tidak dapat melakukan apapun, hal yang ia rasa akan membuat hidupnya jauh lebih berarti adalah membuat sebuah buku harian .

Diary itu dianjurkan oleh dokter untuk melihat perkembangan penyakitnya. Tapi buku harian yang ditulis aya, dan tulisan2 lain yang di tulis aya, membuat orang merasa terkesima . Motivasi untuk tetap hidup, dan buku harian aya yang ditulis dengan sangat indah, membuat bukunya laris di pasarang (tanpa sengaja memang). Isi dari buku hariannya di buat sebuah novel, di buat sebuah buku motivasi, dan fans seorang aya perlahan muncul . Orang2 memuji karyanya, mengangkat namanya, berterimakasih padanya, dan itulah hal yang membuat Aya dapat bertahan hidup lebih lama . Yaitu dukungan dari banyak sekali orang .


Di akhir hidupnya, bnyak sekali orang yang datang melayatinya . Orang yang prnah menjadi penggemarnya, orang yang mencintainya lbih banyak dari yang di bayangkan, orang2 yang mendoakan kebahagiaan hidupnya lebih baik di alam yang lain, banyaak sekali orang2 yang berbondong mendoakannya . Itulah, aku rasa, hal yang dapat membuat Kitou Aya merasa bahagia dan merasa hidupnya di hargai, merasa hidupnya lebih berarti, dan itulah hal yang dapat membuatnya merasa sederajat dengan orang yang jauh lebih sempurna dibandingkan dirinya . Uraian air mata.. itu semua adalah doa . Aku yakin, Aya akan mendapat kebahagiaan lebih di alam sana . Bukan siksaan seperti yang ia hadapi di dunia ini.


Dan sekarang aku membaca sebuah artikel seorang anak yang juga memiliki kelainan tapi masih bisa menghargai hidupnya. Kali ini tentang anak dari Korea yang muncul di starking .

Aku cukup terharu dan sedih membaca artikel seorang Jae Hee.

Anak itu masih berusia 14 tahun . Ya ampun . Dia masih seumuranku, tapi 4 tahun dia gg bsa bebas kyak anak2 lainnya .

Dia hrus menghabiskan sisa hidupnya berbaring di atas ranjang kasur rumah sakit dan dia gg bsa lebih bahagia dari kita ..


Tapi aku bangga, Jae Hee.. untuk sisa hidupnya yang sangat sedikit ini,

Dia masih mau berusaha dan brjuang untuk membuat hidupnya jauh lebih berarti,

Setidaknya, kehadiran Jae Hee di starking, walaupun kita anggap itu biasa,

Tapi bagi Jae Hee, brada di sana, adalah satu hal yang sangat luar biasa dalam hidupnya,

Hal yang ingin dia lakukan setidaknya.. yah !! walaupun gg ada 50% tapi itu cukup membuatnya bahagia meskipun kebahagiaan itu gg lama ..

Anak itu mengidap penyakit tumor otak di kepalanya dan hrus menjalani kemotrapi sebanyak 10 kali .. dan aku tau itu sangat membuatnya tersiksa . Awalnya, keadaan Jae Hee perlahan membaik . Tapi syang nggak lama, karena setelah ia muncul di acara starking, dia harus berbaring di rumah sakit ..


Leeteuk dan Jae Hee pertama kali kenal di starking, dan leeteuk hanya membantu mengiringi piano untuk Jae Hee yang menyanyi. Meskipun bgitu, ada kesan mendalam antara Jae Hee dan Leeteuk . Setelah Jae Hee masuk rumah sakit, Leeteuk, dalam kesibukannya selalu menjenguk Jae Hee dan dia jga yang paling sering menengok Jae Hee di R.S. Walaupun disaat saat terakhir Jae Hee, Leeteuk tidak ada disampingnya karena pekerjaan, aku rasa Jae Hee bersyukur bisa mengenal Leeteuk, begitu pula ayah Jae Hee yang selalu melihat khadiran Leeteuk di Rumah Sakit .

Dan akhirnya, apapun yang terbaca di blog ini intinya adalah sebuah hidup . Bagaimana orang yang kondisinya lebih buruk dari kita mampu bertahan dan menghargai juga mensyukuri hidupnya. Jae Hee .. Dia meninggal tepatnya tanggal 31 Juli, sedangkan Leeteuk mendengar kabar tersebut tanggal 3 Agustus kemarin.


Aku mati sebagai mineral

dan menjelma sebagai tumbuhan,

aku mati sebagai tumbuhan

dan lahir kembali sebagai binatang.

Aku mati sebagai binatang dan kini manusia.

Kenapa aku harus takut?

Maut tidak pernah mengurangi sesuatu dari diriku.

Sekali lagi,

aku masih harus mati sebagai manusia,

dan lahir di alam para malaikat.

Bahkan setelah menjelma sebagai malaikat,

aku masih harus mati lagi;

Karena, kecuali Tuhan,

tidak ada sesuatu yang kekal abadi.

Setelah kelahiranku sebagai malaikat,

aku masih akan menjelma lagi

dalam bentuk yang tak kupahami.

Ah, biarkan diriku lenyap,

memasuki kekosongan, kasunyataan

Karena hanya dalam kasunyataan itu

terdengar nyanyian mulia;

“Kepada Nya, kita semua akan kembali”

J.Rumi


“ 10 mei tahun lalu, aku melihatnya bernyanyi diiringi suara piano yang dimainkan oleh seseorang yang kukagumi. Tapi saat itu entah mengapa pandangan mata dan telingaku lebih tertuju oleh suara gadis kecil berusia 12 tahun yang akhirnya kuketahui bernama Son Jaehee. Hatiku tersentuh akan kisah hidupnya. Dan sejak itu, entah berapa kali sudah kehadirannya menghiasi blog pribadi-ku . Dan entah sejak kapan membaca blog tentang keluarganya menjadi rutinitasku selama setahun ini….”


DAN INI SURAT DARI AYAH JAE HEE UNTUK LEETEUK :

Aku ayah Son Jaehee

Aku kembali setelah mengantar Jae Hee.

Aku tidak bisa menyapamu seperti orang kebanyakan, karenanya aku hanya bisa berbicara dengan mu seperti ini ..

Leeteuk -ssi telah mengukir kenangan manis dalam memori Jae Hee semasa hidupnya

Begitu banyak hal yang bisa dikenang. Saat rekaman acara Starking lalu, Leeteuk ssi datangke rumah sakit setelahnya..

Meski hanya sebentar .. I melihat foto dimana Leeteuk ssi tersenyum di sisi tempat tidur Jae hee

Tidak ada orang yang melupakan moment itu

Dia ~ Leeteuk-sshi…adalah orang yang menciptakan kenangan special dalam memori Jae Hee

Terima kasih banyak…aku harap, dari milyaran kata di dunia ini, ada satu saja ..kata yang benar benar mampu mengungkapkan perasaan hatiku

Setelah mengantar Jae Hee, aku langsung mengirim pesan kepada Leeteuk-sshi

Tak lama kemudian, datang pesan balasan

Pesan darinya berisi sederet kata penyesalan dan turut berduka cita…Dan dia menabahkan hatiku dengan mengatakan bahwa Jae Hee pergi ke tempat yang lebih baik.

Kau orang yang sangat baik…yang bisa kukenal di masyarakat

Meski bagiku dia masih terlihat seperti anak – anak, tapi ia adalah orang yang memiliki hati dan jiwa yang besar.

Anggota fanclub yang mendukung orang sebaik ini .. adalah orang – orang yang baik juga.

Terima kasih…

Sekali lagiterima kasih.. .. atas nama Jae Hee, dan keluarga kami

Kata – kata penuh syukur ini…hingga selamanya kelak, akan meninggalkan kenangan yang manis ..

Kami tak akan eprnah melupakannya.



Seharusnya kita sebagai orang yang jauh lebih sempurna pun bisa lebih bersyukur pada hidup dalam kondisi yang jauh lebih baik daripada orang2 seperti yang terpampang di atas. Itu hanya beberapa, aku yakin ada berjuta juta orang hebat yang mampu menghargai hidupnya ketika mereka dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertahan lebih lama .
Sekali lagi untuk Jae Hee .. Kudoakan kebahagiaanmu selalu agar kau dapat temui tempat yang jauh lebih indah dari apa yang kamu peroleh di dunia ini selama kamu hidup.

Komentar