WARNING

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-
Review Drama

Drama Korea 7 Kepribadian 'Kill Me Heal Me'

November 12, 2016



Sebelum mulai reviewnya, seperti biasa aku ngoceh dulu ya. Nggak suka boleh skip.

Aku lupa kapan aku tahu tentang drama ini. Sepanjang ingatanku sih rasanya udah lama banget, mungkin pas tahun 2015 itu ya. Kapan itu aku habis nonton She Was Pretty dan suka suka sukaaaa banget sama drama itu, eh tapi nggak aku tulis review-nya, mian. Aku juga nggak tau kenapa nggak aku tulis. Nah, habis nonton itu kan aku suka banget ya sama lead male-nya She Was Pretty trus akucari deh drama yang pernah dia mainkan. Ternyata Kill Me Heal Me. Mana sama ceweknya itu pula! Tapi... waktu aku lihat perannya, eh dia jadi orang ketiga ya? Dan saat lihat covernya dan aku nggak kenal siapa sih itu lead malenya, alhasil gagal nonton. Gak jadi nonton. Walaupun waktu lihat ratingnya sih bagus ya nggak tau kenapa aku ini pemilih banget nonton drama. Sebelum yakin bagus ya nggak nonton. Sebelum yakin sama aktornya juga nggak yakin nonton.


Suatu hari adikku download 'best soundrack drama' tahun 2015, dan taraaaammm... waktu dengerin, cuma dengerin ya, aku denger lagu yang sekali denger langsung pingin aku ulangi lagi. Lagi, lagi, lagii.... ini lagu anjir bagus banget!!

Dan judul lagunya adalah: "Hallucination - Jae In"

You know that song?

I didn't.

Aku nggak tau itu lagu darimana, tapi aku suka aja. Waktu lihat eh ternyata itu lagunya drama Kill Me Heal Me, aku jadi merasa dihantui. Rasanya seolah aku udah tau drama ini dari lama, dan kayak dipanggil-panggil suruh nonton tapi kenapa oh kenapa aku nggak nonton-nontooon?

Aku juga nggak tau.

Trus, karena suka banget sama lagunya, aku download lagunya di Youtube. Awalnya aku penasaran aku lihat aja MV-nya. Tapi aku sama sekali nggak dapet clue nih drama bagusnya dimana.

Yang paling mengherankan, kan judulnya Kill Me Heal Me, kayak sedih-sedih gitu. tapi kenapa waktu di cek genrenya Comedy Romance?

I didn't get a clue.

Aku juga nggak pernah bener-bener merhatiin ketika lagi mencari rekomendasi drama, jelas-jelas drama ini selalu muncul sebagai drama terbaik yang wajib ditonton, tapi kenapa aku bahkan nggak pernah kepikiran untuk mencoba menonton ya?

Padahal aku juga lagunya.

Akhirnya yang bikin aku nonton drama ini nggak pakai lama cuma gara-gara lihat iklan di RTV yang diulang-ulang tentang drama ini. Liat iklannya sih udah sering, tapi awalnya biasa aja. Sampai suatu hari di tempat magangku, aku disuruh mengamati siaran RTV 24 jam, dan disitu mau nggak mau iklannya ini jadi kayak keputer-puter terus. Yang bikin aku nggak pake lama juga karena taglinenya yang bikin penasaran "Bagaimana jika 7 kepribadian saling berebut di satu tubuh?"

Waktu denger itu kayak : Wow, kayak gimana ya? Hmmm emang ada orang bisa kayak gitu? Kalo rebutan tubuh gimana dong. Ntar lead femalenya milih salah satu nggak ya.

Itu aku penasaran cuma karena ceritanyaaa aja, dan saat itu aku juga udah lupa bahwa dulu pingin notnon drama ini tapi nggak jadi cuma karena pemainnya. Saat itu aku nggak mikir gimana aktornya, yang penting aku harus tau ceritanya!

Setelah mulai nonton, aku nggak bisa berhenti.

Kenapa aku bisa lama banget sadar kalau ini drama bagus banget? Antara nyesel dan kegirangan akhirnya bisa nonton drama yang idenya unik lagi. Waktu lihat aktornya, siapa diaaa? Aku sukaaaaaa~ bukan perkara wajahnya ya, tapi aktingnya!! Men, keren bangeettttttt...

Kalau aku sampe nulis reviewnya kayak begini, ya nggak bakalan boong. Nih drama musti banget di tonton!

So, kembali lagi ke drama yang baru selesai aku tonton ini. Kalau bicara soal kisah cinta segitiga, ada lah yah, walaupun jujur aku berharap nggak ketemu masalah kayak gitu. Maksudnya, masalah utamanya aka udah bikin kejer gitu. Mmm.. ada beberapa bagian menarik yang pelan-pelan aku akan bahas.

Pertama, aku suka banget sama konflik utama cerita dimana tokoh utama, lead male, bernama cha do hyun ini menderita kepribadian ganda dan ia memiliki 5-6am kepribadian dalam dirinya. Bisa dibilang keunikan untuk drama ini juga karena sisi psikologisnya dan aku selalu suka hal hal seperti ini, entahlah. Selama menonton aku juga penasaran alasan apa yang bisa bikin seseorang mengidap D.I.D yang bisa dibilang parah kayak gini. Serj kok ceritanya, walaupun bikin nangis2 tapi nangis2 karena banyak perasaan juga.

Kedua, kisah keluarganya, terutama kisah keluarga lead female, oh ri jin. Punya keluarga yang hangat dan lucu, punya oppa yang keren. Yah, pokoknya suka banget. Keluarga ini juga ya berhasil bikin aku berderai air mata. Keren banget.

Yang pasti dari sisi psikologis, bagiku drama ini berhasil banget. Aku ikut terbawa secara emosional dan simpati yang teramat dalam terhadap drama ini, pokoknya beruntung lagi lagi nemu drama yang nggak ketebak gini fufufufu. Berharap bisa nemu lebih banyak lagi drama unik kayak gini xD


Next, aku akan kenalkan ketujuh / 7 kepribadian yang muncul di drama ini:

1. Shin Se Gi


Kepribadian yang kejam, seenaknya, penuh dendam, mengintimidasi, dingin, tapi keren dan tapi sebenarnya baik apalagi kalau sama Oh Ri Jin deeeuuuhhh manisnyaaa hahaha
Kepribadian ini bisa dibilang kepribadian pertama yang benar2 berinteraksi dengan Oh Ri Jin. Shin Se Gi memiliki ciri tatapannya yang kuat, dalam, serius, tapi kalau natap lama2 bisa bikin lutut lemes.

Shin Se Gi adalah kepribadian yang mengingat semua luka masa lalu dari Cha Do Hyun. Jadi, kalau Cha Do Hyun inget masa lalunya mungkin Shin Se Gi adalah jelmaannya, itu juga kalau Cha Do Hyun kehilangan sifat aslinya yang ramah, periang, positif. Sejujurnya liat Shin Se Gi itu sedih banget, dia emang kejam, bukan jahat ya tapi kejam, tapi dia tuh sebenarnya masih polos. Dia bangkin menggantikan Cha Do Hyun karena ia adalah kepribadian yang kuat sehingga bisa menanggung rasa sakit akan masa kecil Do Hyun, tapi resikonya dia jadi mati rasa, selalu buat kacau, nggak bertanggung jawab, dan suka berkelahi. Shin Se Gi ini paling suka minta Ri Jin milih dia ata Do Hyun dan aku menempatkan diri sebagai Ri Jin, serius deh nggak bisa milih. Aku suka dua duanyaaa, setiap kali Do Hyun berubah jadi Se Gi aku selalu ngerasa kalau mereka ini sebenarnya adalah satu orang. Tiap inget itu jadi terenyuh dann pingin nangis. Huhu.

2. Cha Do Hyun

Nah, malah lupa ngenalin karakter yang ini. Kalau Cha Do Hyun ini bisa dibilang adalah pemilik asli tubuhnya. Dia adalah pribadi yang memunculkan semua kepribadian lainnya tapi ya jelas dia nggak ngerasa sih soalnya kan semua terjadi tanpa sadar.

Tapi memang Cha Do Hyun sendiri adalah kepribadian murni tanpa campur tangan emosi lain yang timbul karena trauma, jadi dia yaaa lembut, ramah, humble, baik, sopan, suka tersenyum pokoknya yang karakter baik2 dia punya, gak pernah marah juga. Kadang dia itu sok innocent, iya wajahnya mendukung banget kayak polos gitu dih padahal dia mah begitulah hahahaha.

Yah, tapi memang karakter murni seperti itu juga gak sempurna makannya timbul kepribadian lain untuk melengkapi karakter sesungguhnya. Hanya saja dalam kasus Cha Do Hyun, karakter lainnya terpisah-pisah.

Cha Do Hyun ini menurutku hmmm adalah yang paling sedih, yah pokoknya sedih lah. Alasan-alasan dibalik kepribadiannya yang lain kan semua sebenarnya dari diri dia sendiri jadi itu juga secara ga sadar sebenarnya kemauan dirinya dia sendiri untuk memisah-misahkan dirinya. Duh nulis gini jadi pingin meluk Cha Do Hyun, jadi sedih lagi huhuhu.

3. Ferry Park

Dia adalah karakter yang suka bikin bom. Awalnya aku sama sekali nggak tau asal mula kepribadian ini. Kenapa dia muncul dan buat apa? Kenapa namanya Ferry Park dan kenapa dia pingin banget punya kapal?

Nah, tapi nanti di akhir akan ada penjelasan dan benang merah yang bikin sedih. Salah satu yang bikin aku kagum sama drama ini juga termasuk efek sebab akibat dan benang merah yang nggak pernah putus dari awal hingga akhir cerita. Hubungan kepribadian Ferry Park dan Cha Do Hyun ini sukses bikin aku nangis.

Oya, Ferry Park mungkin adalah satu kepribadian favorit karena dia muncul bukan untuk deketin Oh Ri Jin kayak Se Gi dan Cha Do Hyun. Dia adalah kepribadian mandiri yang punya logat dan gaya yang lucu, dia itu nggak punya sudut pandang tersendiri dan mencintai kebebasan. Pokoknya ketika kepribadian ini hadir bawaannya pingin ketawa mulu. Gak akan bosan lihat tingkahnya. Eh dia juga time yang ceria dan bahagia dan selalu positif! Gak ada beban banget deh dia kalo muncul udh kayak punya dunia sendiri.

4. Ahn Yo Na

Mungkin tanpa keberadaan kepribadian ini, ceritanya nggak akan seseru ini. Penting banget deh unsur kelucuan yang dihadirkan oleh Yo Na ditengah ketegangan dari konflik utama yang sangat complicated. Yo Na ini eeemmmm favoritku banget! Mungkin yang lain juga berfirikan sama ya, habis Yo Na ini emang nyegerin banget sih fufufufu.
Oke, deskripsi:

Yo Na ini disebut sebagai kepribadian penyembuh, yang muncul ketika kepribadian utama dalam keadaan yang sangat menderita mentalnya tetapi ia diharuskan untuk tetap bergerak, nah pada saat itulah Yo Na muncul. Masalahnyaaaa.... Yo Na ini parah banget! Iya, dia terlalu bergerak, terlalu energik. Dia adalah kepribadian cewek 17 tahun ceria yang nggak pernah mau pusing. Pikirannya cuma seneng-seneng, pacaran, main, ngejar2 cowok cakep, dan bukannya malah belajar.
.
Jadi kalau dia nggak tau malu ya wajar sih yaaa. Tapi aku suka kok sama Yo Na, sebikin ilfil apapun dia, Yo Na selalu ditunggu2 dan dia banyak disukai. Hahahaha.. dasar Ji Sung bisa2nya ya dia akting begini. Kayak liat cewek beneran dehh.. Dia karakter yang bikin kangen bangeettt pokoknya.

5.Ahn Yo Sub


Jawdii... *eh*

Yang berikutnya ini adalah Yo Sub, yaitu saudara kembarnya Yo Na. Kepribadian ini punya karakter seorang yang jenius, menyukai hal-hal yang indah, tidak suka kebencian, suka melukis dan puisi. Tapiiii entah kenapa dia suka bunuh diri. Ketika kepribadian ini muncul, dia akan cari cara untuk bunuh diri.

Nah, menurut pengamatanku selama menonton drama ini, Yo Sub ini muncul karena rasa depresi tidak tertolong yang dimiliki Do Hyun. Perasaan seolah ia tidak ingin tinggal di dunia ini lagi, perasaan seolah ingin lari dari semua hal buruk. Tapi Do Hyun ini gak berani berbuat, perasaan tsb ditekan kuat2 hingga dalam tahap ekstrim, dan dengan begitu muncullah Yo Sub.
Ehm, di akhir2 cerita aku sebenarnya gak begitu mengerti ketika kepribadian ini muncul lagi padahl Do Hyun kayaknya bukan dalam tahap ingin bunuh diri. Yah, yah... Begitulah. Kalo ketemu sama Yo Sub, gayanya tuh mirip2 Yo Na, tapi dia lebih cowok dan lebih bocah aja. Kekeke~

Dan akhirnya, selesai juga deh melihat keseruan 7 kepribadian Cha Do Hyun. Setelah aku pikir-pikir lagi, sebenarnya Cha Do Hyun ini juga hasil dari trauma masa lalu ya, eemm maksudnya dia juga semacam yaaah... kepribadian yang muncul tetapi utama.



5. Nana


Kalau jelasin tentang Nana ini mungkin bisa jadi spoiler dan gak seru, jadiiii biarkan kalian caritahu sendiri siapa Nana. Yang pasti dia adalah kepribadian anak kecil umur 7 tahun yang nggak banyak informasi yang bisa didapat dari kepribadian ini. Pokoknya dia adalah benang merah dari masalalu Cha Do Hyun juga.

6. Mister X
Sedangkan Mr.X ini juga sama kayak Nana, ntar bisa spoiler kalau dijabarin. Dia itu kepribadian yang paling misterius dan munculnya bener2 di episode akhir. Hahaha.


Drama ini ternyata lumayan memberikan efek sindrom yang nggak langsung hilang begitu saja. Terutama karena ini adalah pertama kalinya aku menonton drama-nya Ji Sung. Astaagaaaaa~ pertamanya sih aku nggak tau kalau dia umurnya udah hampir 40 tahunan, tapi tapi tapiii nggak keliataaaaann meeen. Agak sadar sih dia kelihatan sudah dewasa banget, tapi tetep aja kayak beberapa tahun lebih muda dari umur aslinya. Gila ya, pas berubah kepribadian bisa berubah banget dari tatapan, gestur tubuh, bahkan cara bicara. Kayaknya walaupun tanpa make up aku juga bisa bedain sih saat-saat dia berubah itu.

Akhirnya aku bahkan udah 2x nonton drama ini, saking sukanya. Habis lihat drama ini, aku nonton drama Ji Sung lainnya yang Secret, dan Protect the Boss. Oya, aku udah tau drama Protect the Boss itu dari tahun 2011 ituuu, karena yang main JaeJoong kan aku pikir dia bakalan jadi pemeran utama. Saat itu ngarep bangettt, tapi waktu lihat eh bukan dia yang jadi lead malenya, dan malah Ji Sung, mana aku nggak kenal Ji Sung, mana pas itu aku nggak nonton cuma sekilas jadi sama sekali nggak memperhatikan aktingnya. Agak kaget ketika habis nonton Kill Me Heal Me lagi, lihat di dramawiki eeeeeh 'JADI DIA LEAD MALE-nya Protect the Boss?'. Beda bingiiiitsss, karakternya terutama, beda. Emang, kalo lihat betapa dia memerankan karakter yang berbeda-beda, bahkan di Secret aja beda. Maksudnya dari dua drama yang aku tonton setelah Kill Me Heal Me, rasanya nggak ada satupun yang mirip sama salah satu karakter atau kepribadian di Kill Me Heal Me, jadi aku harus acungi jempol. Aktingnya Ji Sung emang luar biasa kalau dia bisa bikin setiap karakter yang dia mainkan bisa benar-benar menggambarkan orang lain. Penting banget lho kemampuan akting seperti itu, dan aku yakin nggak semua aktor bisa memerankannya. Malah, kadang-kadang aktor itu memainkan peran yang mendekati sifat aslinya sehingga lebih natural, tapi kan kalau dia muncul dengan karakter yang itu-itu saja jadinya bosan. Makannya hal pertama yang aku acungi jempol ketika menonton drama ini adalah aktingnya Ji Sung, baru kemudian adalah ide dan tema ceritanya. Jarang ya, biasanya aku mah tepuk tangan sama alur ceritanya dulu. wkakakakakka.





Salam, Adlina Haezah

You Might Also Like

6 komentar

  1. setelah nonton ga bisa berhenti..,
    nah ini dia yang agak ngeri, apa lagi istri kalau ketagihan minta kuata buat nnton atw download drama korea nih.. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa ini drama emang sulit hilang dari kepala, mueuhehehe
      kalo disini untungnya ada penyedia drama2 korea, cuma bayar biaya waktu ajaa..

      Hapus
  2. kereen, wajib nonton nih, kalo udh kena 1 bakal ketagihannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuuu~ ini jadi drama rekomendasi tiap ada yang tanya ke aku hahahahhaha

      Hapus
  3. Wah kalo korea udah nonton mah, kl mau udahan harus selesai semua dulu episodenya, baru bisa berhenti. Tapi kl udah habis, bingung mau nonton apa wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuuuul~ itu jadi penyebab kenapa muncul yang namanya 'demam korea' hahahaha

      Hapus

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Like Us on Facebook

Followers